PELUANG POLITIK

Saya sependapat bahwa politik itu cair, juga politik itu seperti cuaca yang sering berubah, untuk itu partai politik harus memahami dan mempunyai karakter yang bisa menyesuaikan dengan karakter panggung politik dimana dia berada.

Walaupun harus tetap konsisten terhadap platform, visi dan misi serta menjunjung tinggi moral dan etika politik, partai politik harus tetap mengikuti dinamika perkembangan politik karena suatu saat akan muncul suatu peluang yang bisa membawa dampak positif dan menguntungkan bagi tujuan dan perjuangan politiknya.

Partai Demokrat saat ini sedang dipersimpangan jalan. Kekalahan dalam Pemilukada DKI yang lalu disamping kita harus bisa mengambil hikmahnya kita juga tidak boleh terperangkap oleh perasaan yang mendalam apa yang terjadi pada saat itu. Ibarat pertandingan tinju kita boleh memukul lawan sekeras-kerasnya demikian pula kita harus siap untuk menerima pukulan. Setelah bel berbunyi dan wasit sudah menyatakan pemenangnya maka selesailah pertandingan, jangan menyimpan dendam pribadi yang berkepanjangan agar kita bisa melihat kedepan, melihat dan mengikuti perkembangan dinamika politik serta mencari, menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada. Kadang-kadang peluang itu muncul diluar perhitungan kita, tapi itulah politik.

Beberapa waktu yang lalu AHY bersilahturahmi bertemu dengan Presiden Jokowi. Walaupun terkesan kunjungan AHY ke istana adalah kunjungan pribadi untuk meminta restu pada launching The Yudhoyono Institute, namun sedikit banyak telah merubah persepsi tentang prediksi konstelasi politik kedepan.
Marilah kita melihat hal tersebut secara positif. Mungkin disitu ada peluang yang bisa membawa perjalanan AHY serta Partai Demokrat kearah yang lebih baik.

Andaipun peluang itu tidak ada, setidaknya kita sudah membuka mata hati kita untuk mengikuti perkembangan dinamika politik secara positif dan optimis. Bisa juga peluang-peluang positif yang lain akan muncul pafa saat yang tepat.
Semoga AHY dan Partai Demokrat kedepan akan semakin jaya dan semakin dicintai rakyat.
Aamiin YRA….

*) @fadjar.s. (DE DPP Partai Demokrat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *